Skip to content

Yuk, Ketahui Jenis Asuransi Perjalanan dan Manfaatnya

Bagi kamu yang senang berwisata setiap tahun, memiliki asuransi perjalanan domestik merupakan hal yang wajib. Hal ini tentunya membantu dan mengantisipasi kamu dari hal-hal yang tidak diinginkan saat berwisata di dalam negeri. Nggak cuma itu, kamu juga terlindungi dari berbagai biaya yang dikeluarkan jika terjadi musibah ketika kamu sedang berwisata. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika memiliki asuransi. Tapi, sebagai traveler yang handal, ada baiknya mengetahui jenis asuransi perjalanan yang cocok untuk kamu dan pastikan juga untuk mengetahui manfaatnya, ya!

Asuransi Perjalanan Komprehensif

Asuransi jenis ini memiliki banyak sebutan, misalnya paling umum adalah asuransi liburan atau asuransi perjalanan. Nama lainnya bisa juga dikenal dengan asuransi perjalanan komprehensif atau asuransi pembatalan perjalanan. Jenis asuransi ini digunakan untuk memberikan perlindungan untuk gangguan perjalanan, seperti pembatalan perjalanan karena cuaca buruk, keadaan darurat, gangguan medis, evakuasi, kehilangan, pencurian, bagasi yang tertinggal, dan banyak lagi. Umumnya, jenis asuransi ini yang banyak dipilih karena sesuai dengan kebutuhan para pelancong. Asuransi ini cocok untuk perjalanan domestik, perjalanan dengan kapal pesiar, dinas umum, liburan keluarga, dan perjalanan ke luar negeri.

Asuransi Kesehatan Perjalanan

Jenis asuransi ini bermacam-macam, ada asuransi kesehatan perjalanan, asuransi kesehatan internasional, atau asuransi perjalanan internasional. Jenis asuransi ini cocok untuk pelancong yang senang bepergian ke luar negeri. Sesuai dengan namanya, asuransi ini memberikan perlindungan medis darurat ketika pelancong berada di luar negara asalnya. Perlindungan yang diberikan berupa keadaan darurat medis, kecelakaan, evakuasi darurat, dan repatriasi. Memang tidak terlihat berbeda dengan asuransi perjalanan komprehensif, padahal ada perbedaan yang signifikan, lho. Pada asuransi perjalanan komprehensif biasanya terbatas pada keadaan tertentu, sedangkan pada asuransi kesehatan perjalanan, fokus pada cakupan medis dan evakuasi.

Asuransi Evakuasi Medis

Jenis asuransi ini memang tidak umum didengar, karena biasanya jenis asuransi ini digunakan untuk orang yang ingin berobat ke luar negeri hingga berujung ke lokasi yang terpencil. Asuransi evakuasi medis menyediakan perlindungan untuk penyelamatan darurat dan keamanan internasional. Asuransi ini fokusnya pada layanan evakuasi saja. Jadi ketika pasien dalam kondisi darurat dapat dievakuasi dengan dibawa ke rumah sakit terdekat atau pulang ke rumah.

Asuransi Kecelakaan Perjalanan

Asuransi kecelakaan perjalanan ini cocok bagi pelancong yang sering bepergian. Asuransi ini hanya memberikan perlindungan untuk kecelakaan saat wisatawan melakukan perjalanan atau selama periode pertanggungtahunan. Maka dari itu, jenis asuransi ini hanya berlaku apabila ada risiko fatal, seperti kematian atau kecelakaan yang mengakibatkan disabilitas.

Asuransi Perjalanan Tahunan

Jenis yang terakhir ini juga banyak dipilih oleh mereka yang sering bepergian dalam satu tahun. Jadi, tak perlu lagi mendaftar untuk banyak jenis asuransi. Cukup satu kali daftar dan masa berlakunya hanya satu tahun, sesuai dengan namanya. Biasanya asuransi ini digunakan oleh pelaku perjalanan bisnis atau wisatawan yang tidak terlibat kegiatan ekstrim.

Nah, itulah jenis-jenis asuransi perjalanan. Meski tujuannya sama yaitu untuk melindungi kamu selama perjalanan, tetapi tiap jenisnya memiliki fokus perlindungan yang berbeda. Ada baiknya pilih asuransi perjalanan sesuai dengan jenis dan jangka waktu perjalananmu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.