Skip to content

Simak Inilah Tips Mengendarai Mobil Matic untuk Pemula

Kelihatannya mengemudikan mobil matic sangatlah mudah. Namun, hal tersebut belum tentu benar. Pasalnya banyak para pemula yang belum memahami cara untuk mengemudikan mobil tersebut. Agar lebih jelasnya perlu memahami tips mengendarai mobil matic yang baik dan benar.

Menyetir mobil merupakan sebuah keterampilan khusus. Seseorang butuh konsentrasi tinggi serta koordinasi visual motorik dengan baik. Jika tidak menguasai keduanya tentu tidak akan seimbang dan kecepatan pun tidak stabil.

Mobil dengan transmisi otomatis memang menawarkan kemudahan dalam pengoperasiannya. Walaupun begitu pemula harus belajar agar lebih menguasai cara kerja sistem transmisi otomatis.

Deretan Tips Mengendarai Mobil Matic

Meskipun mobil matic identik dengan sistem operasi yang mudah semuanya butuh latihan. Pasalnya jika terjadi kesalahan bisa mengakibatkan sesuatu yang sangat fatal. Memang mengendarai mobil ini hanya modal gas dan juga rem.

Berbeda dengan mobil manual yang mengharuskan pengemudi untuk menginjak kopling secara terus-menerus. Pada mobil matic terdapat dua pedal yang tidak akan membuat para pengemudi cepat lelah. Terutama kaki bagian kiri tidak perlu menginjak pedal kopling secara terus-menerus.

Pengemudi pemula yang belum memahami cara tersebut kebanyakan masih melakukannya seperti mengendarai mobil manual. Tak jarang pengemudi yang menginjak gas dengan kaki kanan. Sedangkan rem ditekan menggunakan kaki kiri. Jika diteruskan bisa jadi hal tersebut merusak sistem transmisi otomatis.

Agar lebih jelasnya, simak tips mengendarai mobil matic yang sangat mudah untuk para pemula.

Fokus dan Selalu Konsentrasi

Anda yang merupakan pemula harus memiliki bekal mental yang kuat ketika berlatih mengendarai mobil. Tidak salah jika Anda harus selalu fokus untuk mengendarai mobil di jalanan. Utamanya ketika jalanan sedang ramai oleh pengemudi lain yang memungkinkan adanya saling mendahului satu sama lain.

Dalam hal ini Anda juga harus konsentrasi penuh agar tidak salah ketika menginjak gas maupun rem. Patuhi semua rambu lalu lintas dan prosedur mengemudi mobil. Hal ini sangatlah penting bagi Anda yang masih belajar maupun senior.

Fokus belajar mengemudi dan hindari bermain ponsel ketika sedang berada di dalam mobil. Anda harus selalu memperhatikan spion kanan, kiri, dan tengah untuk melihat lingkungan sekitar. Sehingga mudah bagi Anda untuk mencari celah ketika berkendara.

Memahami Urutan Tuas Transmisi

Tips mengendarai mobil matic berikutnya dengan tetap memahami posisi dan urutan tuas transmisi. Sebelum terjun langsung ke lapangan sebaiknya Anda menghafal urutan dan posisi dari bagian tersebut. Hal ini harus di luar pikiran sehingga tidak terjadi kesalahan operasi kendaraan.

Biasanya mobil matic memiliki kombinasi huruf dan angka. Ada P-R-N-D-2-L atau P-R-N-D-M (+/-). Anda harus membiasakan diri mulai mengendarai mobil matik pada posisi P atau N. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda pahami ketika mengendarai mobil matic.

Ketika jalanan macet atau berhenti di lampu merah sebaiknya memindahkan tuas transmisi ke posisi N atau netral. Biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 hingga 20 detik. Dalam mengendarai mobil matic sebaiknya membiasakan menginjak pedal rem terlebih dahulu ketika ingin memindah tuas ke posisi D.

Hal tersebut berguna untuk mengantisipasi atau menghindari mobil melaju dengan sendirinya. Ketika berada di tanjakan sebaiknya Anda memindahkan tuas transmisi pada pilihan L atau 2. Beberapa mobil matic juga memiliki tombol kecil dengan tulisan hold.

Ketika Anda menekan tombol tersebut maka layar speedometer akan muncul tulisan kuning O atau D. Tips mengendarai mobil matic harus bisa memahami fitur hold. Fitur tersebut adalah penguncian posisi gigi. Jika ditekan maka akan mengunci gigi 2 dan 3.

Fitur tersebut mampu menghemat bahan bakar kendaraan. Apabila kendaraan Anda mengalami masalah, segera bawa ke bengkel mobil terdekat agar segera diperbaiki utamanya pada bagian tuas transmisi.

Memahami Berbagai Fitur Mobil

Penting bagi Anda untuk memahami berbagai fitur di dalam mobil matic. Hal ini tidak hanya posisi dan perpindahan tuas saja. Fitur mobil sangat berfungsi demi memberikan kenyamanan saat berkendara.

Beberapa diantaranya adalah memahami tombol pada mobil, bisa menyalakan fitur entertain, dan masih banyak lagi. Terutama ketika Anda akan belok harus mengetahui letak tombol sein, klakson dan lain sebagainya. Dengan begitu, berkendara menjadi lebih aman dan menyesuaikan prosedur.

Rajin Berlatih

Tips mengendarai mobil matic hingga lancar bisa ditempuh dengan terus berlatih. Mulailah latihan pada jalan atau area yang sepi. Jika sudah mulai fasih, maka bisa mencobanya di jalan raya.

Tidak semua pengemudi bisa langsung lihai dalam mengendarai mobil matic. Semuanya membutuhkan proses dan pengalaman yang banyak. Ketika Anda di jalan yang ramai sebaiknya juga tidak perlu panik.

Rasakan kenyamanan dalam memegang setir, menyalip mobil, menghadapi tikungan, menyeberang, dan masih banyak lagi. Jangan lupa belajar parkir mobil karena membutuhkan keahlian khusus agar tidak ribet.

Dengan memahami tips mengendarai mobil matic, maka Anda bisa dengan mudah menjadi pengemudi handal. Walaupun transmisi otomatis, tetapi Anda perlu belajar terus-menerus agar tidak terjadi kesalahan.

Rajin Servis Mobil

Yang pasti, sediakan waktu untuk servis mobil, baik ke bengkel ataupun di rumah saja. Sebab, kondisi mobil juga berpengaruh terhadap kenyamanan Anda belajar berkendara.

Yuk, lakukan perawatan berkala dan apabila terjadi kerusakan pada mobil, segera bawa ke bengkel untuk melakukan servis melalui platform Otoklix.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.