Skip to content

Mengenal Lebih Dekat dengan Fungsi dan Jenis Polis Asuransi

Istilah polis asuransi mungkin sangat familiar bagi kamu sebagai nasabah asuransi. Polis asuransi memuat banyak informasi penting mengenai asuransi yang seseorang beli. Jika kamu belum memiliki asuransi, kamu bisa segera daftar asuransi. Lalu, cek dan dapatkan polis asuransi sekarang.

Polis asuransi akan menjelaskan mengenai semua hak dan kewajiban antara nasabah dan pihak asuransi secara tertulis. Tidak hanya sebatas itu, polis juga memuat mengenai layanan tambahan, periode asuransi, potongan harga, sampai nilai premi yang harus nasabah bayar kepada pihak asuransi.

Polis memiliki peran penting untuk melindungi setiap hak dan kewajiban nasabah layanan asuransi dan pihak asuransi dari kerugian yang mungkin terjadi.

Fungsi Polis Asuransi

Fungsi polis asuransi terbagi menjadi dia sudut pandang, yakni nasabah sebagai pengguna layanan asuransi atau tertanggung dan pihak asuransi sebagai penanggung.

Fungsi Polis Asuransi bagi Nasabah
Polis berguna sebagai alat bukti tertulis atas jaminan penanggunan beragam risiko dan ganti rugi yang mungkin terjadi pada nasabah sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak.

Selain itu, polis juga berfungsi sebagai bukti pembayaran premi yang akan nasabah berikan kepada pihak asuransi. Tidak hanya itu, polis juga menjadi bukti otentik untuk menuntut pihak asuransi yang lalai dalam memenuhi jaminan kepada nasabah.

Fungsi Polis Asuransi bagi Pihak Asuransi
Polis berfungsi sebagai bukti tanda terima premi asuransi yang telah nasabah bayarkan. Selain itu, polis juga berguna menjadi bukti tertulis atas jaminan yang akan nasabah bayar. Serta, bukti otentik untuk menolak pengajuan klaim yang tidak memenuhi syarat sesuai kesepakatan.

Jenis-jenis Polis Asuransi

Sebenarnya, banyak jenis-jenis polis asuransi. Namun, berikut ini adalah jenis polis asuransi yang paling umum nasabah miliki.

Polis asuransi jiwa
Perlu kamu ketahui, asuransi jiwa ada yang berjangka, seumur hidup, unit link, dan dwiguna untuk melindungi diri. Polis asuransi ini berguna untuk nilai ukur suatu jiwa nasabah. Nilai ini nantinya akan pihak asuransi uangkan jika nasabah sudah meninggal. Uang tersebut untuk ahli waris nasabah.

Polis asuransi kesehatan
Asuransi yang satu ini memberikan jaminan kesehatan pada nasabah yang membutuhkan pengobatan, baik rawat jalan atau rawat inap. Polisnya berguna untuk memberikan estimasi biaya perawatan yang bisa pihak asuransi tanggung saat nasabah melakukan perawatan medis.

Polis asuransi rumah
Polis asuransi rumah memiliki manfaat untuk memberikan ganti rugi terhadap risiko kerusakan bangunan maupun harga benda yang sudah masuk dalam asuransi. Biasanya, risiko ini terjadi akibat bencana alam, kebakaran, pencurian, maupun hal lain yang sudah tertuang dalam polis sesuai kesepakatan.

Polis perjalanan
Perusahaan asuransi menerbitkan polis asuransi perjalanan untuk memberikan jaminan ganti rugi selama nasabah melakukan perjalanan dalam kurun waktu tertentu. Jaminan tersebut hanya berlaku sejak nasabah terdaftar tersebut pergi hingga mereka kembali ke tempat asalnya lagi.

Polis kendaraan bermotor
Asuransi kendaraan bermotor memiliki fungsi untuk melindungi kendaraan dari berbagai risiko kerusakan maupun kehilangan. Kerusakan pun bisa berasal dari bencana alam maupun kerusuhan yang terjadi.

Polis asuransi ini untuk kendaraan atas milik nasabah atau tertanggung yang sudah terdaftar. Jika ada kerusakan yang merugikan, maka polis berperan sebagai jaminan.

Umumnya, orang yang memiliki mobil akan mendaftarkan kendaraannya ke dalam asuransi. Hal ini karena banyak risiko yang bisa mobil alami. Seperti, kecelakaan atau pencurian.

Selain itu, mobil merupakan barang yang tidak murah, sehingga untuk memperbaiki kerusakaannya juga pasti akan menguras kantong. Oleh sebab itu, ketika kamu punya asuransi mobil, kamu tidak akan pusing dengan biaya perbaikannya.

Tidak hanya asuransi mobil, membayar pajak mobil pun juga penting untuk kamu lakukan sebagai warga negara yang taat peraturan. klik untuk detail pajak mobil.

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.