Skip to content

Legenda Manchester United Salahkan Adu Penalti Inggris Lawan Italia, Harusnya yang Berpengalaman

Gagalnya Inggris meraih gelar juara Piala Eropa Euro 2020 tak luput dari hasil adu penalti lawan Italia. Seperti diberitakan, hasil adu penalti berakhir dengan 3 2 untuk kemenangan Italia pada final Euro 2021 Senin (12/7/2021) di Stadion Wembley, Inggris. Inggris kalah setelah tiga pemainnya tak berhasil memanfaatkan tendangan 12 pas ke jala gawang Gianluigi Donnarumma.

Ketiga eksekutor tersebut yakni Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka. Hal tersebut lantas mendapat komentar dari trio legenda Manchester United, yakni Roy Keane, Gary Neville, dan Rio Ferdinand. Ketiganya memberikan pendapatnya masing masing terhadap sikap penalti para pemain Inggris.

Mengutip dari Sportstar, Roy Keane mengatakan seharusnya Bukayo Saka tak diberi kesempatan mengambil urutan penalti terakhir untuk Inggris. Pemuda berusia 19 tahun itu gagal setelah bola hasil sepakannya ditepis Donnarumma. Begitu juga saat Donnarumma berhasil menggagalkan penalti pemain anyar Manchester United (MU), jadon Sancho.

Roy Keane beropini, penendang penalti harusnya diberikan kepada pemain yang lebih berpengalaman. "Jika Anda (Raheem) Sterling atau (Jack) Grealish, Anda tidak bisa duduk di sana dan membiarkan pemuda (Saka) maju ke depan untuk mendapatkan penalti," kata mantan pemain internasional Irlandia ini. “Mereka memiliki lebih banyak pengalaman, Sterling telah memenangkan trofi, mereka harus menjadi contoh para pemain muda.”

Rekan setim Roy Keane di MU yang juga bekas bek Inggris, Gary Neville, mengatakan keputusan tentang siapa yang mengambil penalti dibuat jauh sebelum hari berlangsungnya laga. "Mereka akan berlatih selama beberapa minggu terakhir, ​​melakukan sesi di sana, melihat siapa yang paling banyak mencetak gol, dan mendapatkan rekor terbaik," katanya. "Itu akan menjadi catatan penting dalam memutuskan penendang dan urutan penalti."

Sementara, bek Setan Merah lainnya yakni Rio Ferdinand mengaku netral. Baginya tidak ada yang bisa menyalahkan dan menuding kegagalan para pemain yang gagal mengeksekusi penalti. Di sisi lain, mantan kapten Timnas Inggris, Alan Shearer, menyatakan para pemain harus dipuji atas keberaniannya mengambil alih adu penalti.

"Untuk anak anak muda yang mengatakan, 'ya, saya akan melanjutkan dan mengambil penalti'… Anda harus memberi mereka penghargaan untuk itu," ucap dia. "Tapi itu akan sulit bagi mereka sekarang. Mudah mudahan, mereka bisa mengatasinya." Italia berhasil menjadi juara Piala Eropa Euro 2020 setelah mengalahkan Inggris pada Senin (12/7/2021).

Kemenangan Italia atas Inggris diperoleh dari hasil adu penalti dengan skor 3 2. Dari cuplikan pertandingan Italia vs Inggris, tiga pemain The Three Lions yakni Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan bukayo Saka gagal memanfaatkan tendangan penalti. Hal itu membuat Inggris gagal juara Euro karena tiga pemain Italia sukses memasukkan bola ke gawang Pickford.

Adapun rekaman final Euro 2021 antara Italia vs Inggris telah disiarkan RCTI dan Mola TV. Awalnya, Inggris unggul lewat gol cepat bek kiri Luke Shaw. Menerima umpan lambung dari sisi kanan lapangan, Luke Shaw bebas dari pengawalan ketat lini belakang Italia.

Ia pun melesatkan tendangan kaki kiri dengan keras datar. Bola melaju cepat dan tak terjangkau oleh kiper Gianluigi Donnarumma menyarang ke pojok jala gawang. Keunggulan Inggris bertahan hingga turun minum.

Kedua tim saling serang, termasuk serangan bertubi tubi Italia yang berambisi untuk mengejar ketertinggalan. Memang berdasar statistik, Italia menguasai pertandingan dengan penguasaan bola 66 persen, berbanding 34 persen Inggris. Gol penyama kedudukan baru tercipta pada menit 67, yakni melalui sepakan bek senior Leonardo Bonucci.

Bonucci berhasil menyambar bola muntah hasil kemelut di depan gawang. Bek Inggris gagal mengantisipasi bola yang sudah ditepis Pickford, Bonucci dengan mudah menerjang bola dan menyamakan kedudukan 1 1. Hingga tambahan waktu skor masih bertahan 1 1, wasit akhirnya memutuskan adu penalti.

Baik Italia dan Inggris sama sama memuaskan lewat eksekutor tendangan pertama kedua tim, yakni Harry Kane dan Berardi. Namun tidak di penendang kedua, sepakan bola Belotti berhasil ditepis Pickford. Maguire yang bertindak sebagai penendang kedua Inggris sukses menjebol gawang Donnarumma.

Petaka bagi Inggris, berturut turut eksekutor penalti ketiga hingga kelima gagal memanfaatkan adu penalti. Ketiganya yakni Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka gagal memasukkan bola ke gawang Donnarumma. Sementara penendang ketiga dan keempat Italia, Bonucci dan Bernadeschi berhasil, penendang kelima Italia Jorge Luiz Frello gagal.

Italia unggul 3 gol sementara Inggris hanya 2 gol, otomatis Italia keluar sebagai pemenang. Adapun rekaman final Euro 2021 antara Italia vs Inggris bisa disaksikan di Mola TV. 1. Download Aplikasi Mola TV di APP Store atau PlayStore.

2. Login/daftar akun Mola TV. 3. Setelah melakukan Login pada halaman pertama pilih menu profil atau langsung pilih menu "Beli Akses". 4. Pilih paket berlangganan dengan mudah dan sesuai keinginan.

Beli yang Paket Nonton Euro Unlimited Rp 25.000/Season. Konten yang bisa dinikmati yaitu : Mola Movies, Living, Kids Sport (Includes Euro). Perangkat bisa diakses di Web Browser (Desktop dan PC), Mobile phone app (Android dan iOS).

Hanya 1 perangkat bersamaan. Paket akan aktif dari 5 Juni hingga 20 Juli 2021. 5. Klik 'Beli Paket'.

6. Centang telah setuju syarat dan ketentuan dan klik 'Pilih Metode Pembayaran'. 7. Pilih salah satu metode pembayaran melalui E Wallet (OVO, Go Pay dan ShopeePay), Bank Transfer, Virtual Account, Credit Card dan Over The Counter. Jika melalui OVO Periksa kembali data pembayaran OVO Anda sebelum melanjutkan transaksi.

Anda akan mendapatkan pembayaran yang akan di gunakan untuk membayar transaksi ini di berbagai channel pembayaran OVO. Kode Pembayaran akan keluar setelah anda menekan tombol "Continue". 8. Klik 'Bayar'

9. Selesai kamu sudah mengaktifkan paket berlangganan Paket Nonton Euro Unlimited di HP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *