Skip to content

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 SD Halaman 70 71 72 Tematik Subtema 2 Pembelajaran 3: Energi Listrik

Inilah kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD/MI tema 2 subtema 1 pembelajaran 4 halaman 29, 30, 31, 32, 33, 34, dan 35. Sejumlah soal mulai halaman 28 hingga 35 terdapat dalam buku Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 4 Kelas 4 SD Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Soal yang muncul di antaranya Sebutkan peristiwa pada gambar yang terkait dengan sumber energi listrik; Apakah kita berhak menyalakan TV; dan Apa manfaat kita menonton TV bersama sama anggota keluarga.

Soal lainnya adalah menceritakan pengalaman menggunakan listrik di rumah; cara melakukan penaksiran operasi perkalian dan pembagian. Ada tiga subtema dalam Buku Tematik kelas 4 SD Tema 2 yang berjudul Selalu Berhemat Energi. Pada Subtema 1, siswa kelas 4 SD akan belajar mengenai Sumber Energi.

Ada beberapa pembelajaran yang bisa dikerjakan siswa kelas 4 SD/MI dalam Buku Tematik Tema 2 subtema 1. 1. Apa yang diceritakan gambar tersebut? Seorang pria terlihat sedang menonton TV di sebuah ruangan.

Di ruangan itu, terdapat lemari es, lampu, hingga mesin pendingin ruangan/AC. Beberapa barang tersebut menggunakan listrik sebagai sumber energi. 2. Sebutkan peristiwa pada gambar yang terkait dengan sumber energi listrik?

Lemari es, lampu, hingga mesin pendingin ruangan/AC menggunakan listrik sebagai sumber energi agar bisa menyala atau dipakai. Tulislah gagasan pokok dari gambar tadi. Manfaat energi listrik dalam kehidupan sehari hari.

1. Apakah kita berhak menyalakan TV? Jelaskan. Tidak, kita tidak berhak menyalakan TV saat tidur sebab membuat listrik boros. 2. Apa yang terjadi jika TV menyala, tetapi tidak ada yang menonton?

Jika TV menyala, tetapi tidak ada yang menonton maka akan terjadi pemborosan penggunaan energi listrik. 3. Apa yang perlu kamu lakukan jika akan tidur? Yang perlu dilakukan jika akan tidur mematikan semua alat elektronik yang tidak dipakai.

4. Apa yang perlu diperbaiki dari sikap pada gambar di atas? Yang perlu diperbaiki dari sikap pada gambar di atas adalah sebaiknya matikan TV bila tidak ada yang menonton. 1. Apakah kita berhak menyalakan TV? Jelaskan.

Ya, kita berhak menyalakan TV karena akan ditonton bersama anggota keluarga. 2. Apa manfaat kita menonton TV bersama sama anggota keluarga? Manfaat menonton TV bersama sama anggota keluarga adalah mendapatkan hiburan dan pengetahuan.

Selain itu, menonton TV bersama keluarga bisa menambah kedekatan antar anggota keluarga. 3. Apa yang akan terjadi jika setiap anggota keluarga menonton TV sendiri sendiri? Yang akan terjadi jika setiap anggota keluarga menonton TV sendiri sendiri akan terjadi pemborosan penggunaan energi listrik.

Selain itu, tagihan listrik bisa membengkak dan tidak ada kedekatan antar anggota keluarga. 4. Hal baik apa yang dapat kita contoh dari gambar di atas. Hal baik yang dapat kita contoh dari gambar di atas adalah menonton TV bersama keluarga dapat menambah pengetahuan, hiburan, dan kedekatan antar anggota keluarga.

Jawablah pertanyaan berikut. 1. Apa yang akan terjadi jika kita tidak menghemat energi listrik? Jika kita tidak menghemat energi listrik, maka akan terjadi pemborosan penggunaan energi listrik.

Selain itu, tagihan listrik saja bisa membengkak. 2. Apakah ketika kita tidak menghemat energi listrik akan memengaruhi hak orang lain untuk mendapatkan energi listrik? Jelaskan? Ya, ketika kita tidak menghemat energi listrik akan mempengaruhi hak orang lain untuk mendapatkan energilistrik.

Sebab energi listrik akan cepat habis dan akan mempengaruhi orang banyak mendapatkan energi listrik. 3. Mengapa kita perlu melaksanakan hak dan kewajiban kita secara seimbang? Hak dan kewajiban harus seimbang karena sebagai manusia kita harus melakukan sesuatu untuk memperoleh sesuatu. Hak dan kewajiban yang tidak dilaksanakan secara seimbang akan menimbulkan masalah.

Hak yang tidak diterima dapat mengakibatkan kita tidak melakukan kewajiban. 4. Apa yang harus kita lakukan untuk menghemat energi listrik? Yang harus dilakukan untuk menghemat energi listrik:

Mematikan alat elektronik yang tidak dipakai Menggunakan barang barang elektronik yang hemat energi listrik Menggunakan setrika listrik sesuai kebutuhan

Menggunakan listrik sesuai kebutuhan, secara bergantian, dan tidak berlebihan Sekarang saatnya kamu menceritakan pengalamanmu menggunakan listrik di rumah. Apakah kamu sudah melaksanakan hak dan kewajibanmu secara seimbang?

Di rumah, keluargaku memiliki sejumlah barang elektronik yang menggunakan listrik sebagai sumber energi. Misalnya TV, kipas angin, setrika, lemari es, magic com, lampu, dan komputer. Kami selalu mematikan barang elektronik ini jika tidak dipakai. Misalnya lampu. Saat pagi hari, lampu dimatikan karena sudah ada sinar matahari sebagai penerang. Termasuk mematikan TV saat tidak ditonton. Meski demikian, aku beberapa kali lupa mematikan TV atau lampu. Namun selalu diingatkan oleh ibu.

Kami merasa sudah melaksanakan hak dan kewajibanmu secara seimbang. Setiap bulan, kami membayar tagihan listrik sebagai kewajiban. Dan sebagai haknya, kami menggunakan listrik secara hemat di rumah. Amatilah operasi hitung berikut. Diskusikan cara melakukan penaksiran operasi perkalian dan pembagian.

Tulislah hasilnya di tabel berikut. Buatlah 3 pertanyaan berdasarkan tabel di atas. 1. Bagaimanakah cara menaksir operasi hitung perkalian suatu bilangan?

2. Bagaimanakah cara menaksir operasi hitung pembagian suatu bilangan? 3. Apakah fungsi dari penaksiran? Diskusikan cara melakukan penaksiran perkalian dan pembagian.

Tulislah kesimpulanmu. Penaksiran perkalian: Caranya, membulatkan salah satu atau kedua bilangan kelipatan 5 atau 10.

Tujuannya karena perkalian angka 5 dan 10 adalah perkalian yang paling mudah dihitung. Penaksiran pembagian: Caranya, membulatkan ke bilangan bilangan yang habis dibagi.

Yang kita bulatkan bisa pembaginya, bilangan yang dibagi atau dua duanya. Hari ini Siti dan Ayahnya pergi ke toko listrik untuk membeli beberapa perlengkapan listrik yang rusak. Berikut adalah daftar harganya.

Kerjakan soal soal berikut dengan menggunakan penaksiran. 1. Ayah Siti ingin membeli 4 bola lampu. Berapa taksiran uang yang Siti bayar? Rp 15.350 ditaksir menjadi Rp 15.000

Taksiran uang yang Siti bayar = 4 x Rp 15.000 = Rp 60.000 Jadi taksiran uang yang Siti bayar adalah Rp 60.000 2. Ayah Siti membawa uang Rp 100.000. Berapa meter taksiran kabel yang bisa dibeli?

Harga kabel Rp 9.450 taksiran ke ribuan = Rp 9.000 Taksiran kabel yang bisa dibeli = Rp 100.000 : Rp 9.000 = 11 meter. 3. Ayah Siti ingin membeli 6 stop kontak dan 7 tempat lampu. Berapa taksiran uang yang harus Siti bayar?

Stop kontak = 6 x Rp 15.000 = Rp 90.000 Tempat lampu = 7 x Rp 11.000 = Rp 77.000 Jumlah = Rp 90.000 + Rp 77.000 = Rp 167.000

4. Ayah Siti membawa uang Rp 50.000. Ia ingin membeli 1 stop kontak dan sisanya ingin ia belikan kabel. Berapa panjang kabel yang ia peroleh? (Rp 50.000 Rp 15.000) : Rp 9.000 = Rp 35.000 : Rp 9.000 = 4 meter.

Jadi, panjang kabel yang diperoleh Ayah Siti adalah 4 meter. Buatlah 3 pertanyaan seperti contoh di atas. Mintalah temanmu menjawabnya. 1. Ibu Siti membeli 2 stopkontak, 2 kabel dan 1 sakelar, berapa total belanjaan Ibu?

2. Siti disuruh ayahnya membeli barang tapi ia hanya membawa uang Rp 10.000. Apa yang akan Siti beli? 3. Ayah Siti membawa uang Rp 50.000. Berapa banyak stopkontak dan taksiran kabel? Nilai nilai apa yang kamu pelajari hari ini?

Hari ini saya belajar nilai disiplin, tanggung jawab, hak dan kewajiban. Sudahkah kamu menghemat listrik di rumahmu? Jelaskan! Ya, saya sudah berusaha menghemat listrik di rumah.

Saya selalu berusaha mematikan barang elektronik jika tidak dipakai. Misalnya lampu. Saat pagi hari, lampu dimatikan karena sudah ada sinar matahari sebagai penerang. Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Ada beberapa pembelajaran yang bisa dikerjakan siswa kelas 4 SD/MI dalam Buku Tematik Tema 2 subtema 2. Pagi ini kamu akan berolahraga di luar kelas. Sebelumnya, diskusikan terlebih dahulu permainan yang akan kamu lakukan. Bacalah langkah langkah permainan berikut dan diskusikan dengan temanmu.

Perlengkapan : 2 Bola besar Aturan bermain: 1. Kelas dibagi menjadi dua kelompok, kelompok A dan B.

2. Setiap kelompok berbaris menghadap ke depan dan berhitung 1, 2, 3, 4, dst. 3. Kelompok A dan B saling berhadapan. 4. Perhatikan siapa anggota kelompok di depanmu yang memiliki angka 1,2,3 dst. Mereka adalah tim kamu.

5. Anggota nomor 1 melempar bola ke anggota di hadapannya yang memiliki nomor 2. Nomor 2 harus menangkapnya dan melemparkannya ke anggota no 3. 6. Kelompok yang menyelesaikan lempar tangkap tanpa menjatuhkan bola adalah pemenangnya. 2 3 4 5 6 7 8

2 3 4 5 6 7 8 Sebelum bermain, lakukan pemanasan terlebih dahulu. Perhatikan arahan dan contoh yang disampaikan gurumu. Permainan bola zig zag ini dapat divariasikan dengan menggunakan dua bola. Satu bola dimulai dari ujung sebelah kiri dan bola yang lain dari ujung sebelah kanan sehingga permainan lebih menarik.

Kamu sudah melakukan permainan melempar dan menangkap bola dengan guru temanmu. Bacalah lagi cara bermainnya dan diskusikanlah. Di sekitar rumah, banyak sumber energi listrik yang dimanfaatkan oleh kita. Namun kita harus hati hati dengan sumber listrik tersebut karena berbahaya.

Amati gambar berikut dan sampaikan pendapatmu! Pendapatku tentang hal yang membahayakan pada gambar: Tidak boleh memanjat tiang listrik karena bisa saja terjatuh. Lebih berbahaya lagi jika kita menyentuh kabel listrik.

Jangan bermain layang layang di dekat jaringan listrik. Jika layang layang tersangkut di kabel listrik, bisa jadi kita ikut tersengat listrik. Hati hati saat menggunting tanaman yang berada dekat dengan kabel listrik. Bisa saja listrik mengalir melalui gunting menuju tubuh. Jangan membawa alat elektronik dekat dengan air. Apabila alat elektronik sedang menyala dan terkena air, maka listrik akan mengalir melalui air dan sampai ke tubuh.

Sampaikan hasilnya di depan kelas. Apa yang harus kamu lakukan untuk menjaga keselamatan dari bahaya tersengat listrik? Ingat, Listrik + Air = Bahaya!

Perhatikan gambar berikut. Tulislah barang barang yang menggunakan listrik di setiap ruangan dan kemungkinan bahaya yang ditimbulkannya. Tulis juga apa yang harus kamu lakukan saat menggunakan barang tersebut! Di kamar mandi, kita menggunakan lampu sebagai penerangan. Sebaiknya, saklar listrik untuk menyalakan lampu diletakkan di luar kamar mandi agar saklar tidak terkena percikan air.

Di kamar tidur, juga terdapat sejumlah barang elektronik. Misalnya lampu, AC, hingga televisi. Nyalakan lampu saat malam hari atau saat hari gelap. Selain itu, bijaklah dalam menggunakan AC dan TV. Jika tidak dipakai, sebaiknya dimatikan. Barang elektronik di ruang keluarga ada televisi. Hati hati saat menyalakan TV, apalagi saat colokan TV belum tersambung ke saklar listrik. Selain itu, matikan TV saat tidak ditonton lagi.

Barang elektronik di dapur sangat banyak di antaranya adalah blender, magic com, hingga kompor listrik. Gunakanlah alat tersebut dengan bantuan orang tua agar aman. Peralatan listrik di kebun antara lain alat penyiram tanaman yang menggunakan pompa air. Berhati hatilah saat menyalakan pompa air. Tahukah kamu bahwa tubuh mengandung banyak air?

Karena itu, tubuhmu sangat mudah terkena aliran listrik. Mereka yang bekerja di tempat yang mengandung banyak sumber listrik membutuhkan pakaian khusus. Kamu harus berhati hati terhadap kabel listrik yang ada di sekitarmu. Saat kamu bermain layangan, bermainlah di tempat yang tidak ada gardu listriknya.

Benang layangan yang basah sangat berbahaya apabila tersangkut di gardu listrik. Suatu saat mungkin kamu membutuhkan peralatan yang menggunakan listrik. Sebaiknya kamu meminta bantuan orang dewasa di sekitarmu. Jauhilah barang barang elektronik dari air.

Tahukah kamu, petir juga mengandung listrik? Segeralah masuk ke dalam ruangan apabila petir mulai terdengar. Berdasarkan hasil diskusi dan bahan bacaan di atas, buatlah petunjuk cara menghindari bahaya listrik.

Menjaga peralatan listrik agar tetap kering Jauhkanlah barang barang elektronik dari air Berhati hati saat menggunakan kabel listrik

Menggunakan pakaian khusus apabila berada di ruangan yang terdapat banyak sumber listrik Tidak bermain layangan di tempat yang ada gardu listriknya Minta bantuan orang dewasa saat membutuhkan peralatan yang menggunakan listrik

Masuk ke dalam ruangan apabila petir mulai terdengar Sampaikan hasilnya kepada gurumu. Listrik sangat bermanfaat bagi kita. Namun, penggunaan yang tidak hati hati akan berbahaya bagi kehidupan.

1. Tuliskan lima manfaat energi bagi kehidupanmu! Manfaat energi bagi kehidupan: Untuk aktivitas sehari hari

Makhluk hidup bisa beraktivitas karena energi yang didapat dari metabolisme. Untuk transportasi Energi digunakan untuk menggerakkan alat transportasi seperti mobil dan kereta api.

Pada mobil, energi kimia diubah menjadi energi panas lalu diubah menjadi energi mekanik dan energi kinetik. Untuk penerangan Dengan menggunakan lampu yang mengubah energi listrik menjadi cahaya.

Untuk penyembuhan penyakit Radiasi elektormagnetik memiliki energi yang dapat digunakan untuk membunuh sel kanker. Terapi radiasi ini banyak digunakan untuk menyembuhkan orang yang terkena kanker.

Untuk hiburan Energi listrik dapat diubah menjadi gelombang bunyi yang digunakan untuk musik pada radio atautelevisi. Energi listrik juga digunakan untuk memunculkan gambar pada monitor televisi.

2. Apa yang akan kamu lakukan untuk menjaga keberadaan sumber daya alam? Tidak berlebihan dalam menggunakan sumber daya alam serta melestarikan sumber daya alam yang dapat diperbarui. 3. Menurutmu apakah pelajaran hari ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari hari?

Ya, pelajaran hari ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari. Misalnya tentang menjaga keselamatan saat menggunakan peralatan listrik. Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *