Skip to content

Jembatan Cibalagung yang Sempat Terputus Kini Telah Selesai Dibangun Kembali

Sempat putus akhir Oktober 2020, Jembatan Cibalagung di Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, akhirnya selesai dibangun kembali. Bantuan donatur turut memperlancar pembangunan jembatan yang saat itu rusak total. Salah satunya, bantuan dari perusahaan distributor baja, PT Gunung Inti Sempurna.

“Kami mengapresiasi bantuan yang diberikan. Termasuk kontribusi material jembatan dari PT Gunung Inti Sempurna, yang memang sangat kami butuhkan. Bantuan tersebut memperlancar pembangunan jembatan,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman, seusai peresmian Jembatan Cibalagung, Jumat (05/02/2021). Menurut Eka, bantuan Gunung Inti Sempurna memang sangat positif. Pasalnya, Jembatan Cibalagung, adalah akses penting yang menjadi urat nadi perekonomian masyarakat. Jembatan yang terletak di Kampung Cidahu, Desa Cidahu, Kabupaten Sukabumi tersebut menghubungkan Dusun Jabon Manglid dan Dusun Cibalagung.

“Jembatan Cibalagung menjadi sarana penghubung antar desa dan penggerak ekonomi. Tidak hanya dilalui petani, namun anak anak sekolah, dan ibu ibu yang hendak pergi untuk pengajian juga banyak yang memanfaatkan jembatan tersebut,” kata Eka. "Apalagi material yang diberikan sangat berkualitas. Kami perkirakan, jembatan ini bisa bertahan sampai 30 tahun, asal selalu dirawat masyarakat," tegasnya. Direktur PT Gunung Inti Sempurna Liwa Supriyanti juga mengaku senang atas peresmian jembatan. Dengan demikian, diharapkan roda perekonomian kembali lancar.

“Hal ini penting, terlebih di masa pandemi Covid 19 kondisi masyarakat memang sedang tertekan. Semoga dengan kembali lancarnya akses perekonomian, kondisi masyarakat bisa kembali pulih,” kata dia. Sebelumnya, menurut Liwa, bantuan ini disampaikan melalui BPBD Kabupaten Sukabumi. Material yang diberikan ketika itu, antara lain kawat brojong, besi cakar ayam, besi ulir dan lain lain.

“Dengan material berkualitas tinggi yang kami berikan, diharapkan Jembatan Cibalagung ini menjadi kokoh dan bisa terus menopang aktivitas masyarakat,” pungkas Liwa. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *