Skip to content

Ben Chilwell Nikmati Persaingan Ketat Fullback Kiri di Chelsea & Timnas Inggris

Fullback kiri Chelsea dan Timnas Inggris, Ben Chilwell mengaku cukup menikmati persaingan ketat dalam memperebutkan posisi utama baik di level klub maupun negara. Bek kiri yang didatangkan Chelsea dari Leicester City itu memang menjalani periode karier yang penuh tantangan kali ini. Sebagaimana misal di level klub dimana Ben Chilwell sebenarnya sempat menjadi pilihan utama Chelsea semasa dibesut Frank Lampard.

Hanya saja situasi berubah ketika Thomas Tuchel mengambil alih jabatan sebagai pelatih Chelsea. Hadirnya Thomas Tuchel membuat Ben Chilwell tidak selalu berada dalam starting lineup The Blues. Chilwell kerap kali harus berada pada bangku cadangan dan melihat rekan setimnya berjuang di atas lapangan.

Persaingan ketat dengan Marcos Alonso membuat Ben Chilwell harus legowo ketika menit bermainnya diambil pesaingnya tersebut. Begitu pula di level timnas dimana Ben Chilwell harus bersaing ketat memperebutkan tempat utama dengan Luke Shaw. Performa impresif yang sejauh ini diperlihatkan Luke Shaw memang memaksa Ben Chilwell menjadi pilihan kedua tim besutan Gareth Southgate.

Situasi tak mudah yang dirasakan Chilwell tentu menjadi tantangan tersendiri yang sedang dihadapi Ben Chilwell. Apalagi sebagai pemain yang berstatus bek mahal tentu berada pada bangku cadangan bukanlah merupakan situasi yang baik. Meskipun demikian, Chilwell mengaku dirinya mencoba menikmati peran dan tantangan yang ada.

"Di Chelsea anda memiliki dua atau tiga pemain bagus dalam setiap posisi dan di Inggris saya harus mengalami hal yang sama," ujar Chilwell dilansir Telegraph. "Ini hal positif karena jika setiap orang dalam setiap posisi melakukan yang terbaik, setiap pemain akan berusaha agar tampil tajam dan siap bermain dengan percaya diri,". "Maka siapapun yang bermain siap, itulah yang penting," tukasnya menambahkan.

Disinggung terkait skema formasi yang kadang sama dimainkan Chelsea maupun Timnas Inggris. Ben Chilwell merasa itu menjadi sebuah keuntungan dalam memahami skema bermain pelatih. Apalagi posisi Ben Chilwell menjadi yang krusial jika melihat perubahan formasi yang dimainkan pelatih, terutama ketika berubah menjadi skema tiga bek.

"Jika anda melihat formasi yang dimainkan Inggris, formasi yang kami mainkan di klub saat ini memberi kesempatan terbaik untuk membiasakan diri bermain di posisi tersebut," akui eks pemain Leicester City tersebut. "Mudah mudahan itu akan memberi kami peluang yang bagus," tukasnya menambahkan. Pemain berusia 24 tahun itu saat ini telah tampil sebanyak 29 laga bersama Chelsea pada musim perdana.

Koleksi dua gol dan enam assist menjadi kontribusi positif Chilwell sejak bergabung Chelsea. Sementara di level negara, Chilwell tercatat sudah tampil sebanyak 13 laga bersama Timnas Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *