Skip to content

Apa itu Crowdfunding dan Apa Saja Manfaatnya?

Apa itu crowdfunding? Crowdfunding adalah sebuah metode untuk meningkatkan modal melalui usaha kolektif yang berasal dari teman, keluarga, pelanggan, serta investor. Pendekatan ini memanfaatkan upaya kolektif sejumlah individu melalui basis internet dalam jaringan platform atau media sosial crowdfunding, sebagai alat jangakauan yang lebih besar.

Crowdfunding merupakan salah satu bentuk dari crowdsourcing dan keuangan alternatif yang mulai bangkit dan membantu para pengusaha pemula sejak tahun 2015.

Mengapa kita harus menggunakan crowdfunding?

Crowdfunding sebenarnya adalah era baru dan juga kebalikan dari pendekatan mainstream dalam dunia keuangan bisnis. Jadi, apabila Anda berniat untuk meningkatkan modal untuk memulai suatu bisnis atau meluncurkan produk baru, maka Anda perlu mengemas rencana bisnis, riset pasar, dan juga prototipe perusahaan atau produk Anda untuk dipresentasikan pada penyandang dana, baik itu indivudu maupun lembaga.

Sumber-sumber pendanaan ini bisa datang dari mana saja termasuk bank, investor, atau perusahaan modal. Dalam melakukan setiap pendekatan untuk mendapatkan modal usaha, Anda harus menunjukkan sebaik mungkin kapasitas serta kemampuan bisnis atau usaha Anda pada saat yang tepat. Jika momentum tersebut hilang atau terlewatkan, maka sumber dana Anda juga akan berlalu begitu saja.

Secara garis besar platform equity crowdfunding Indonesia akan membantu Anda mendapatkan peluang yang lebih baik untuk menggaet investor yang tertarik dengan bisnis Anda dan ingin membantu mengembangkannya. Jadi, Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu berbulan-bulan hanya untuk mencari investor yang cocok dan melobi mereka untuk membantu Anda membangun bisnis.

Manfaat Crowdfunding

Selain memiliki akses untuk memasuki jaringan investor yang lebih besar dan lebih fleksible, Crowdfunding juga memiliki sejumlah manfaat yang bisa Anda terima. Berikut ini diantaranya.

1. Jangkauan lebih luas

Dengan menggunakan platform crowdfunding, maka Anda akan memiliki jaringan atau akses yang lebih luas ke ribuan investor terakreditasi yang mau melihat, berinteraksi, serta berbagi kampanye penggalangan dana dengan Anda.

2. Kesempatan untuk presentasi

Crowdfunding memungkinkan Anda untuk melakukan presentasi atau kampanye penggalangan dana dengan menonjolkan bisnis yang sedang Anda bangun. Mulai saja dengan sejarah, daya tarik, penawaran, pasar yang akan dituju, nilai perusahaan, dan lain sebagainya.

Dengan demikian, calon investor pun akan melihat sendiri sejauh mana bisnis Anda telah siap, dan langkah apa yang dapat diusulkan untuk kemajuan bisnis tersebut.

3. Pemasaran

Anda dapat berbagai kampanye penggalangan dana melalui berbagai media sosial, email, atau strategi pemasaran online lainnya. Saat Anda mengecek kemajuan penggalangan dana Anda, Anda juga dapat mengarahkan lalu lintas situs web ke perusahaan milik Anda lainnya.

4. Validasi konsep

Mempresentasikan konsep bisnis Anda pada khalayak ramai dapat membuka peluang besar bagi Anda untuk memperbaiki penawaran. Ketika calon investor sudah mulai tertarik mengucurkan dananya, Anda pun dapat melakukan pendekatan yang lebih matang untuk meyakinkan investor tersebut membantu mengembangkan bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *