Skip to content

4 Keistimewaan Beras Basmati untuk Kesehatan

Nasi briyani beraroma nan sedap ternyata berasal dari beras basmati yang dibudidayakan sejak dahulu kala di India juga Pakistan. Namun untuk menikmatinya Anda bisa hubungi Jual beras Basmati Jogja, tak perlu jauh-jauh ke India atau Pakistan.

Di Indonesia, sudah banyak yang membudidayakannya juga, salh satunya Popes Al Zaytun. Lembaga ini tepatnya ada di Indramayu dengan pengembangan padi basmati organik tanpa campuran bahan kimia. Beras basmati di ponpes ini berjenis Basmati Kashmir.

Aroma khas dan bentuknya yang panjang ramping membuat membuat siapa yang pernah menikmatinya menjadi rindu. 

Beras Basmati Jogja yang Kaya Manfaat

Beras basmati kaya akan kandungan gizi yang baik untuk tubuh, beberapa diantara manfaatnya bisa anda simak dibawah ini.

Mengendalikan Kadar Gula dalam Darah

Beras Basmati khususnya yang coklat memiliki indeks glikemik rendah dibanding jenis beras lain. Di dalamnya juga terkandung protein dan  serat yang mampu mengendalikan kadar gula darah. Jadi, beras ini sangat cocok bagi penderita diabetes atau yang sedang menjalani program diet.

Intinya, beras Basmati menjadi pilihan sumber karbohidrat kompleks yang bagus.

Baik Untuk Jantung

Penyakit jantung bisa terjadi karena adanya tekanan darah dan kolesterol tinggi. Dalam menurunkannya, serat memiliki peranan penting. Mengkonsumsi beras Basmati coklat yang memiliki jumlah serat 20% lebih banyak dari beras lain artinya Anda mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu beras mati juga rendah kandungan arsenik dibanding beras lain. Dengan begitu beras mati lebih sehat bagi penderita penyakit jantung juga menghindari risiko penyakit jantung.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang lebih tinggi dibanding beras lainnya membuat beras ini menjadi pilihan tepat untuk kesehatan pencernaan. serat di dalam beras basmati mudah larut dan memiliki kandungan yang membantu memecah makanan lebih halus. pencernaan menjadi lebih sehat dan terhindar dari konstipasi atau sembelit.

Baik untuk Kesehatan Otak

Dalam satu porsi nasi basmati terdapat 22% dari keperluan vitamin B1 per harinya. Kandungan ini sangat penting untuk kesehatan otak dan mengurangi risiko terjadinya sindrom ensefalopati wernicke. Dalam beras Basmati juga terdapat selenium dan folat dengan jumlah yang cukup tinggi. Kandungan ini bisa meningkatkan fungsi otak bagi pengidap gangguan mental serta Alzheimer.

Nah, selain enak, rupna Basmati bagus untuk kesehatan tubuh. 

Mengenali Beberapa Jenis Basmati

Menurut bentuk dan warnanya, beras Basmati yang dijual di pasaran terbagi tiga, yaitu putih, cokelat, dan sella. Untuk lebih jelasnya, yuk simak uraian mengenai jenis Basmati di bawah ini.

Beras Basmati Cokelat

Warna kecoklatan dari beras Basmati ini karena berasnya masih tergolong whole grain. Beras ini masih lengkap biji, beras, dan kulitnya.

Basmati cokelat ini memiliki kandungan serat lebih tinggi dari jenis beras lainnya. Protein dan kandungan lainnya juga sangat baik untuk otak, tubuh, dan pencernaan.

Beras Basmati Putih

Basmati berwarna putih merupakan beras yang sudah tidak memiliki kulit dan biji. Maka, besar ini akan saling melekat ketika diolah. Meski begitu, rasa dan aromanya tetap memanjakan indra penciuman dan perasa.

Beras Basmati Sella

Sella adalah beras Basmati cokelat, tetapi telah diolah hingga setengah matang. Proses pengolahannya yaitu dengan direbus, kemudian digiling menjadi butiran beras. Teksturnya dan warnanya tidak selengket dan seputih Basmati putih.

Semakin lama membahas beras Basmati tentunya semakin rindu akan aroma dan kenikmatannya. Untuk yang tinggal di sekitar Jogja bisa langsung hubungi distributor beras Basmati Jogja dan sekitarnya di Banguntapan Family, mereka melayani pesanan dan pengiriman beras basmati kashmirin ke seluruh kota/kabupaten di Indonesia. Informasi pemesanan 082328265635 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.