Skip to content

3 Persiapan Anti Rayap Sebelum Membangun Rumah

Gemas dengan kerusakan akibat rayap? Jasa anti rayap menyediakan fasilitas pembasmi rayap. Namun demikian pencegahan sebelum mebangun rumah juga tak kalah penting.

Apa saja yang perlu dilakukan untuk mencegah kehadiran makhluk pemakan selulosa itu. Mari kita simak poin-poin berikut.

3 Persiapan Anti Rayap Sebelum Membangun Rumah

Sedialah payung sebelum hujan, jadi cegahlah rayap sebelum membangun rumah. Apa saja yang perlu dilakukan sebelum pembangunan rumah sebagai tindakan jasa anti rayap? Baca lanjutan berikut.

Pra Konstruksi

Sebelum pembangunan dimulai lakukan langkah-langkah untuk mencegah timbulnya rayap. Antara lain:

  • Beri perlakuan anti rayap pada tanah calon bangunan anda.
  • Memberi umpan pada rayap yang berada tak jauh dari lokasi konstruksi untuk kemudian dibasmi.
  • Periksa dengan teliti tanda-tanda kehadiran rayap di sekitar lokasi atau undang ahlinya untuk mengatasi hal tersebut.

Walau sudah melakukan tindakan pencegahan pra-konstruksi tetap tidak menjamin hasilnya nanti akan bebas rayap. Namun setidaknya kehadirannya tidak akan muncul di tempat-tempat krusial yang akan mengganggu gedung secara keseluruhan.

Selama konstruksi

Pastikan konstruksi akan membuat pemisahan yang jelas antara tanah dan kayu. Pihak pengembang biasanya sudah menyiapkan tindakan yang melibatkan cairan kimia anti rayap.

Selanjutnya berikut tindakan yang perlu dilakukan selama konstruksi.

  • Berikan perlakuan kimia anti rayap pada daerah pertemuan antara tanah dan kayu, dan serahkan kepada profesional dalam pengerjaannya.
  • Bersihkan area konstruksi dari kotoran yang terbuat dari bahan selulosa seperti kardus, kertas, kayu dll.
  • Hindarkan kontak langsung antara kayu (yang sudah diberi anti rayap atau belum) dan tanah di bangunan yang sudah jadi.

Tujuan perlakuan anti rayap sebelum konstruksi adalah agar ada lapisan kimia anti rayap yang menghalangi antara tanah dan kayu. Maka pertahankan pencegahan awal tersebut di masa konstruksi.

Gunakan material anti rayap

Tindakan pencegahan bukan hanya tentang menjauhkan dan membasmi rayap sebelum konstruksi. Tetapi juga mencegah kehadiran mereka di masa datang.

Hal-hal selanjutnya perlu dilakukan untuk tujuan tersebut.

Gunakan cor coran dan besi sebagai pondasi bangunan, hindari kayu dan bambu. Gunakan frame dari logam ringan atau kayu anti rayap untuk mencegah rayap bersarang. Buatlah penghalang dari pasir dan batu besar sebagai phisical barrier, sehingga sulit bagi rayap untuk melakukan penetrasi.

Jasa anti rayap akan membantu anda dalam setiap langkah pencegahan rayap. Sehingga rumah anda akan bebas dari serangga kecil namun berdaya rusak besar.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.