Skip to content

22 Warga Kayu Putih Positif Corona: 6 Isolasi Mandiri, 3 Dirawat di RS Haji, 13 di Wisma Atlet

Ditemukan klaster penularan Covid 19 muncul di RT 11, RW 09, Kelurahan Kayu Putih, Pulogadung, Jakarta Timur, Jumat (4/6/2021). Dari penemuan klaster tersebut, sebanyak 22 warga terkonfirmasi positif Covid 19. Dikutip dari tayangan Kompas Pagi Kompas Tv, Minggu (6/6/2021), dari pantauan langsung wartawan Kompas Tv, Abel Sagita Insani, 13 dari 22 warga tersebut saat ini tengah dirawat di Wisma Atlet, Kemayoran.

Sementara, tiga warga di antaranya dilarikan ke Rumah Sakit Haji Jakarta dan enam lainnya melakukan isolasi mandiri. "22 warga yang dinyatakan positif, 13 orang sudah dilarikan atau sudah dirawat di wisma atlet kemayoran, sementara enam lainnya melakukan isolasi mandiri, tiga lainnya sudah dilarikan ke rumah sakit Haji (Jakarta)," terang Abel. Oleh sebab itu, hingga saat ini pihak kelurahan terus melakukan tracing untuk memutus rantai penularan Covid 19 secara masif.

Sebelumnya, pihak kelurahan telah mengambil tindakan, yakni dengan melakukan tes PCR kepada warga yang melakukan kontak erat dengan para pasien. Langkah tersebut dilakukan atas dukungan kerja sama pihak kelurahan dengan Puskesmas Pulo Gadung. Abel mengabarkan, sebanyak 48 orang warga yang melakukan kontak erat dengan para pasien telah melakukan tes PCR.

"Ada 48 warga yang melakukan tes PCR kali ini, sebelumnya sudah dilakukan giat bersama di Kelurahan Kayu Putih, yakni bekerja sama dengan Puskesmas Pulo Gadung untuk melakukan PCR," terang Abel. Tidak hanya itu, pihak kelurahan juga tengah melakukan pembatasan wilayah skala kecil (micro lockdown) selama dua minggu kedepan. Hal tersebut dilakukan lantaran lokasi kelurahan dekat dengan sarana umum, Taman Pintar.

Atas konfirmasi pihak kelurahan, Abel mengabarkan, penemuan virus tersebut sempat diduga bermula dari tempat ibadah. Namun setelah dilakukan penelusuran, ternyata virus tersebut bersumber dari klaster keluarga. "Lurah Kayu Putih mengatakan dugaan awal klaster bermula dari tempat ibadah, namun dugaan itu salah."

"Ternyata, (penyebaran virus Covid 19) ini bersumber dari klaster keluarga," terang Abel. Dikutip dari , Minggu (6/6/2021), Lurah Kayu Putih, Artika Ristiana membenarkan, dari ke 22 orang tersebut, semuanya merupakan warga RT 11, RW 09, Kelurahan Kayu Putih, Pulogadung, Jakarta Timur. "Jadi perhari ini ada 22 orang. Iya benar semua warga di RT 11 RW 09," kata Artika di Kantor Kelurahan Kayu Putih, Rabu (19/8/2020).

Persebaran virus ini juga sempat diduga bersumber dari kerumunan yang ada di Taman Pintar. Hal tersebut lantaran Taman Pintar sering difungsikan oleh warga. Sehingga berpotensi untuk lokasi berkerumunnyawargadi sekitaran lokasi.

"Dibilang klaster kerumunan tempat umum juga bisa karena Taman Pintar ini yang menjadi magnet orang berkerumun," terang Artika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *